Selasa, 09 September 2008

THE SECRET

Judul Buku : The Secret
Pengarang : Rhonda Byrne
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
Tebal : 236 halaman

“Sangatlah penting bahwa Anda merasa baik karena perasaan baik inilah yang terkirim ke luar sebagai sebuah sinyal ke Alam Semesta dan mulai menarik lebih banyak hal baik kepada Anda. Jadi, semakin Anda bisa merasa baik, semakin banyak Anda menarik hal-hal yang membantu Anda merasa baik, dan mampu membawa Anda semakin tinggi dan tinggi”.

Kalimat di atas merupakan salah satu rahasia yang diungkap oleh Rhonda Byrne dari kalimat DR. Joe Vitale, orang yang telah berhasil mempraktekkan prinsip-prinsip hidup yang selama ini masih menjadi sebuah rahasia. Tidak hanya DR. Joe Vitale, masih banyak orang terkenal lain seperti John Assaraf (anak jalanan yang menjadi pengarang buku terlaris internasional), Genevieve Behrend (guru awal metafisika spiritual dan pengarang buku), Morris Goodman (pria ajaib yang telah sembuh dari kecelakaan pesawatnya), yang telah menuai sukses dalam hidupnya karena mempraktikkan prinsip-prinsip The Secret.

Kegagalan dalam hidup terkadang telah membawa manusia pada keputusasaan dan kengganan untuk bangkit kembali. Tetapi lain halnya dengan Rhonda Byrne, berbagai cobaan hidup yang datang beruntun justru membawa sebuah berkah dan perubahan besar dalam hidupnya. Berkah ini berawal dari sebuah buku yang telah berusia ratusan tahun yang diberikan oleh putrinya. Buku ini telah menyingkap berbagai rahasia kehidupan, yang sebagian besar telah dipraktekkan oleh orang-orang ternama yang hidup pada zaman terdahulu. Penelusuran terhadap kebenaran isi buku tersebut telah menghadirkan sebuah realita bahwa sesungguhnya kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan selama kita mencoba memusatkan fikiran kita pada hal tersebut, yang kemudian dikenal dengan nama hukum tarik menarik.

Hukum tarik menarik adalah hukum alam, sama halnya dengan hukum gravitasi. Dan tidak ada pengeculian pada hukum tarik menarik, jika sesuatu datang pada kita, kitalah yang menariknya dengan fikiran berkepanjangan. Dan tidak seorangpun yang dengan sengaja menarik hal yang tidak diinginkannya, dengan mengetahui rahasia ini akan sangat memudahkan untuk memahami mengapa beberapa hal yang tidak diinginkan mungkin terjadi dalam hidup kita. Akan tetapi tidak seorangpun tahu apa yang dirasakan oleh orang lain, yang dapat dilakukan adalah menanyakan kepada diri sendiri apa yang sesungguhnya dirasakan dan sangat penting untuk mengetahui bahwa mustahil merasa buruk tetapi kita memiliki pikiran baik.

Ketika kita merasa buruk, yang kita butuhkan adalah pemindah rahasia. Kita dapat meminta pikiran kita untuk membawakan hal-hal yang bersifat baik (kenangan yang indah, alam, dan musik favorit) untuk menjadi fokus utama kita sehingga dengan sendirinya perasaan buruk akan berganti dengan perasaan baik. Ingatlah bahwa fikiran kita adalah penyebab utama dari segala sesuatu. Perasaan juga merupakan alat utama yang membantu kita menciptakan hidup. Dengan kata lain, perasaan-perasaan adalah komunikasi yang dikirim kembali ke kita oleh alam semesta. Segala sesuatu yang kita lihat dan alami di dunia ini adalah suatu akibat, termasuk perasaan-perasaan kita dan penyebabnya adalah pikiran-pikiran kita.
Perasaan cinta adalah frekuensi tertinggi yang bisa kita pancarkan, semakin besar cinta yang dipancarkan maka semakin besar kekuatan yang kita pergunakan. Cinta juga memberi kekuatan dinamis pada pikiran untuk berkolerasi dengan objeknya sehingga mampu mengendalikan setiap pengalaman buruk manusia. Ini adalah prinsip yang mendasar yang terdapat di segala hal, dalam sistem filsafat, agama dan ilmu pengetahuan. Tidak ada yang terlepas dari hukum cinta.

Meminta, percaya dan menerima adalah tiga langkah dalam proses penciptaan. Meminta adalah menyampaikan keinginan kita kepada alam semesta, berfikir saja sebenarnya juga sudah meminta. Percaya melibatkan bertindak, berbicara dan berfikir bahwa seakan-akan kita sudah menerima apa yang kita harapkan. Ketika kita memancarkan frekuensi menerima, hukum tarik menarik akan menggerakkan orang, peristiwa dan situasi kepada kita untuk menerima. Menerima melibatkan perasaan yang kita rasakan ketika permintaan kita terwujud. Merasa senang dan baik akan menempatkan kita pada frekuensi yang kita inginkan.

Ucapan syukur dipagi hari akan hadirnya hari baru adalah langkah awal untuk menciptakan hari sesuai dengan yang kita inginkan. Rasa syukur akan membawa energi kita selaras dengan energi-energi kreatif alam semesta, sehingga seolah-olah kita sudah menerima apa yang kita harapkan hari ini. Harapan-harapan inilah yang akan terwujud dalam kehidupan kita bersamaan dengan hadirnya perasaan dan pikiran-pikiran yang menyenangkan.

Sebagai bentuk ungkapan syukur atas keberhasilannya mempraktekkan prinsip The Secret, Rhonda Byrne berkeinginan untuk menyebarluaskan rahasia ini dengan harapan seluruh dunia akan mendapatkan kegembiraan. Tak lebih dari 10 orang yang sukses di seluruh dunia yang kemudian dipanggil guru oleh Rhonda menyumbangkan rahasianya untuk dituangkan dalam buku ini. Tidak hanya itu, Rhonda dan timnya yang terdiri dari guru, penulis, pelayanan umat, dan perancang kini menghadirkan The Secret dalam bentuk film. Film ini diharapkan dapat mempermudah pemahaman terhadap rahasia alam semesta, karena visualisasi akan membantu kita menciptakan gambar-gambar dalam benak kita. Gambar-gambar ini akan mewujud dengan dorongan energi keinginan yang kita sampaikan ke alam semesta.

Tulisan-tulisan dalam buku ini benar-benar mampu menarik pembaca untuk menggali pesan intinya. Banyak rahasia pencapaian yang patut diketahui oleh semua orang, terutama mereka yang menginginkan kebahagiaan dalam hidupnya. Pembaca juga dimudahkan dengan adanya ringkasan-ringkasan setiap babnya, sehingga bab demi bab menjadi satu untaian pembelajaran yang inspiratif. Selain itu, buku ini sajikan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh pembaca dari semua kalangan. kutipan-kutipan dari masing-masing penyumbang diambil sebagai kata kunci yang mudah diingat oleh pembaca.

Sebagai bahan perenungan, perlu diingat bahwa kebaikan atau keburukan yang kita alami dalam hidup ini tidak terlepas dari peran pikiran dan perasaan kita. Oleh karena itu, sudah saatnya kita memulai tahapan kehidupan yang baru dengan pikiran dan perasaan yang positif/menyenangkan. Halaman-halaman kehidupan kita patut ditulis dengan sejarah-sejarah yang mampu mengingatkan orang akan keberadaan kita. Pikirkan dan mintalah kebaikan, maka kebaikan akan selalu mengelilingi kita.

Tidak ada komentar: